Sunday, September 14, 2008

Brownies Kukus



Pengen bikin kue yang bisa sekalian untuk sarapan Papong, bingung karena ovenku rusak jadi coba deh browsing kue-kue yang dikukus. Akhirnya ketemu resep ini disini (Tq yaa Femmy). Dari beberapa blog yang saya baca sih katanya ueenak, ngga' kalah ma Brownies kukus amanda bandung. Saya sih ngga bisa ngebandingin abisnya ngga' pernah beli karena kayaknya pake rhum (dari baunya).Saya dan Papong memang ngga' mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol. Setelah coba bikin, hasilnya cukup memuaskan... kenapa cuma cukup??... karena saya lupa masukin emulsifer...wwwwaaahhh... waktu lagi ngukus kuenya tiba2 aja saya ngeliat si emulsifer masih nongkrong manis di meja... sebel!!!.. tapi ya udah laaah browniesnya tetap enak koq, texturenya juga lumayan tetap ngembang tapi mungkin kalo pake emulsifer bakalan lebih soft lagi yaaa...
Saya tambahin topping Nuttela biar rasanya lebih coklat plus taburan kacang mete cincang...yummy...



Brownies Kukus (resep Ny. Liem)

Bahan-bahan:

6 butir telur
225 g gula pasir
vanilli secukupnya
1/2 sdt emulsifer (tbm/sp/ovalet)
1/4 sdt garam
125 g terigu, ayak
50 g coklat bubuk,ayak (campur dengan tepung terigu)
175 ml minyak sayur (aku pake soybean oil)
100 g dark cookin chocolate, lelehkan (campur dengan minyak sayur diatas)
75 ml susu kental manis

Cara membuat:
  1. Kocok telur,gula dan emulsifer hingga mengembang, masukkan sedikit demi sedikit campuran terigu dan coklat bubuk, aduk perlahan hingga rata. Masukkan campuran minyak dak coklat leleh,aduk rata.
  2. Sisihkan 1/3 bagian adonan, campur dengan susu kental manis, aduk rata.
  3. Bagi dua adonan sisa , tuang satu bagian ke dalam loyang, kukus selama 10 menit. Masukkan lagi adonan yang telah dicampur susu kental manis, kukus selama 10 menit. Terakhir masukkan sisa adonan terakhir, kukus lagi selama 20 menit.
Tips:
- Bungkus tutup dandang dengan serbet supaya airnya tidak menetes ke dlm kue.
- Pake api kecil supaya permukaan kue tidak bergelombang.
-Jangan lupa EMULSIFEEEERRRR...qiqiqiqi...






No comments: