Wednesday, October 22, 2008

Steamed Lumpia








Ceritanya pengen makan gorengan, mikir-mikir apa yaaa yang kira-kira bahannya gampang ketemu disini. Pas lagi ke supermaket ada toge ma rice paper/bahn trang (kulit lumpia vietnam).. kayaknya bisa bikin lumpia nih. Langsung deh belanja-belanja persiapan.

Ini pertama kalinya saya bikin lumpia pake rice paper ,waktu ngeluarin dari kemasannya sempat bingung mau diapain abis bentuknya kayak krupuk yg belum digoreng. Bolak balik kemasan untuk baca cara pemakaian, bingung abisnya tidak ada bahasa inggris.Cari-cari kata yang kira-kira bahasanya mirip sama bahasa yang saya ngerti, ngga ada clue sama sekali akhirnya bereksperimelah, karena bentuknya kaku jadi kepikir mungkin direndam sebentar dengan air hangat, ternyata berhasil tapi ngerjainnya satu-satu karena kalau sekalian direndam suka lengket satu sama lain.



Proses bikin isinya cuma ditumis seperti biasa, hanya bahannya pake bahan apa yang ada aja.. kebayang deh kalo pake ebi.

Tapi pas digoreng...laaaah kog jadi ugly gini... emang rice paper ngga bisa digoreng yaaa???.. tapi dikemasan ada gambar lumpia digoreng gitu dan cantik.. kayak kalau bikin lumpia pake kulit lumpia Indonesia atau saya aja yang tidak tau caranya yaa??



Akhirnya disajikannya dikukus aja kayak dim sum, enak juga sih... hangat-hangat... tapi ngga jadi makan lumpia goreng deh...

Steamed Lumpia

Bahan:
Isi: bawang putih,cincang
bawang merah,cincang
daun bawang,iris tipis
rebung kaleng, iris seperti korek api
toge
daging cincang
wortel,iris seperti korek api
saus tiram
garam
merica
gula
minyak wijen

Kulit: Rice paper/bahn trang

Cara membuat:
-Tumis bawang putih dan bawang merah, masukkan daging cincang masak sampai daging matang.
-Masukkan saus tiram,garam, merica,gula dan wortel, aduk rata sampai wortel agak layu.
-Masukkan toge dan rebung ,masaknya jangan terlalu lama biar sayurnya tidak terlalu layu, masukkan minyak wijen aduk rata. Angkat, sisihkan.

-Bungkus isian diatas dengan rice paper yang sudah di rendam sebentar dengan dengan air hangat.
-Kukus sebentar sebelum disajikan.
-Sajikan hangat dengan sambel bangkok.



*Kayak beauty and the beast yaa...

No comments: