Tuesday, November 29, 2011

Idfb #2: Tari'taripang aka Gemblong

Kangen ikutan event kayak gini lagi, jadi ingat jaman MFM, SLF dan MasBar di Multiply. Waktu mulai hamil Mika, sempat libur blogging lama banget pas mau mulai lagi... balik ke MP.. kok sepiiii banget... ketok sana-sini ga ada jawaban... hiks. Untung sekarang ada Indonesian foodblogger... senangnyaaa.

IMG_3322

Ini adalah challange yang ke 2 untuk Idfb dengan tema Indonesian snack. sempat bingung nentuin pilihan karena banyak banget macam-macam snack di Indonesia dan selain itu mesti menyesuaikan dengan persediaan bahan yang ada, maklum tinggal jauh dari kampung halaman.

297287_2480143972928_1532409622_3606357_1407272363_n

Di kampung saya, Makassar, nama snack ini adalah tari'taripang, mungkin karena bentuknya seperti tripang. Dibeberapa daerah Indonesia juga mengenal snack yang sama tapi dengan nama yang berbeda seperti gemblong di Jawa Barat dan getas di Jawa Tengah.

Tari'taripang ini adalah makanan favorit di keluarga saya, walaupun sebelumnya kita tidak pernah bikin sendiri karena bisa dibeli di mana aja. Salah satu penjual tari'-taripang yang paling enak tuh di pasar maricayya di kota Makassar.. kenyal dan krispy.. yuuum.

IMG_3381

Ini pertama kali saya bikin sendiri.. kalau tinggal jauuuuh... harus usahaaa. Resepnya dari kumpulan buku 'kue-kue Indonesia' keluaran Yasa Boga. Hasilnya lumayan memuaskan, hanya gulanya kurang krispy... mungkin gula putihnya mesti ditambahin lagi kali yaa?? ada saraan??

Dari kue ini juga, mamaku punya teka-teki. Waktu kecil sampe setua ini, masih sering aja ditanyain ama mama. Dulu sih rasanya nyebelin tapi sekarang suka jadi bahan lucuu-lucuan untuk saya dan adik-adikku kalau kita bernostalgia... sweet memory...
"Kue apa yang ditarik bisa meledak?"
"Tari'tari pang" maksudnya tarik-tarik PANG!!!

Sampe sekarang kalo ingat teka-teki ini , pasti saya senyum-senyum sendiri atau kalau pas ngumpul ama Mama dan adek-adek pasti ngakak abeees.... huahahahaha......

IMG_3422IMG_3253

Tari'taripang aka Gemblong
Sumber: kue-kue Indonesia, Yasa Boga

Bahan:
200 gr tepung ketan
100 ml santan cair yang mendidih (vierly: 200ml)
2 sdm tepung sagu
2 sdt air kapur sirih
1/2 butir kelapa parut (vierly: kelapa powder)
1 sdt garam

Gula salut:
150 gr gula merah
75 gr gula pasir
50 ml air

Cara membuat:
Campur semua bahan, remas-remas sambil tuangkan santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni hingga bisa dibentuk bulat sebesar telur ayam dan pipihkan. Goreng dalam minyak panas sedang sampai kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Gula salut: didihkan semua bahan sampai larut, kental, dan berbuih. Kecilkan api, masukkan gemblong goreng, aduk cepat dan rata sampai semua tersalut gula. Angkat dan dinginkan.

Selamat mencoba.. hati-hati meledak!!!

2 comments:

Andrie Anne said...

Hebat euy, di Abu Dhabi ada gemblong xixixixi comot satu ya Mba hehehe

Vierly said...

hahaha... kepaksa Neee... kagak bisa beliii....