Thursday, July 29, 2010

Mie Kangkung

Mie kangkung

Minggu lalu, senang banget liat kangkung di carrefour marina. Seikat harganya 4 dirham, kira-kira Rp. 10.000 rupiah, mahaaaaal... mana seikatnya dikit lagi, palingan untuk satu orang tapi karena kepengen ya udah dibeli aja. Berhubung harga kangkungnya mahal jadi masaknya diakalin kalau mau sayur kangkung tumis sih bisa habis 4 ikat untuk 3 orang jadinya bikin mie kangkung aja.. 2 iket cukuuup.

Mie kangkung ini adalah salah satu makanan kesukaannya Papong. Dulu waktu masih di Jakarta, tiap ke mall makanannya ituuuu terus, ngga ganti. Mie kangkung ini sebenarnya beda versi dengan yang di mall, kalau yang ini kuahnya lebih ringan dan bening sementara versi mall warnanya agak gelap dan pekat. Biarpun beda versi tetap aja abis ama Papong, katanya sih enak... ngga tau enak beneran atau menyenagkan istri.. hihihihi. Kalau menurut saya, emang benar enak, resepnya nyontek dari buku Seri Masak Primasa, masakan Mie, Bihun & suun... resep-resepnya bikin ngiler jadi pengen nyobain semua, terus gampang bikinnya.

Mie Kangkung

Mie Kangkung
(sumber:Primarasa masakan mi, bihun & suun)

Bahan:
400 g mie basah (vierly: pake mie telor)
100 g kangkung bersih, (sdh disiangi)
12 butir telur puyuh rebus (vierly: ga pake.. ga punya)
1 sdm bawang goreng
1 sdm seledri cincang
sambel cabai rawit

Saus
1.750 ml kaldu ayam
100 g fillet dada ayam
2 sdm minyak goreng
3 batang daun bawang cung, iris-iris (vierly: di AD mana ada?)
2 sdm tepung kanji, larutkan
2 sdt cuka

bumbu halus
30g ebi, rendam hingga lunak, tiriskan
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt merica

cara membuat:
  1. Siram mi dengan air mendidih, tiriskan, uraikan supaya tidak lengket. Cuci kangkung, kupas telur puyuh, sisihkan.
  2. Saus: didihkan kaldu, masukkan fillet ayam, masak selama 20 menit, angkat. keluarkan daging ayam lalu potong-potong bentuk dadu. Masukkan kembali ke dalam panci kaldu, jerang panci di atas api.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan bumbu halus dan daun bawang, aduk hingga harum, angkat. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci kaldu, tambahkan kecap manis.
  4. Masak hingga mendidih, masukkan larutan tepung kanji, aduk hingga mengental, lalu kecilkan apinya, masukkan cuka, aduk.
  5. Penyajian: taruh mi dalam mangkuk, tambahkan kangkung dan telur puyuh. Tuang kuah panas beserta isinya ke dalam mangkuk, taburkan bawang goreng dan seledri cincang. sajikan segera dengan sambel cabai rawit.


No comments: