Friday, December 12, 2008

Vanilla Cupcakes

Cupcakess

Ini proyek penasaran gara-gara sering ngeliat cupcakes di toko yang bentuknya cantik-cantik banget tapi pas beli dan dicobain...huaaaaaa... dari frosting sampe cake ga' ada enak2nya.. cakenya kering apa lagi butter creamnya yang ga' bisa dicerna dan meninggalkan jejak mentega dilangit-langit mulut...sebel banget.

Akhirnya coba-coba deh mau bikin sendiri sekalian juga untuk proyek unjuk gigi ke keluarga kalo saya uda bisa bikin kueee, jadi sekalian bawa mini cupcakes untuk hantaran Idul Adha..hahaha... paling bisaaa....

Sempat nyari-nyari resep Vanilla cupcakes yang kira-kira oke, percobaan pertama pake resep dari buku resep cupcakesnya NCC dan percobaan kedua, masih tetep vanilla cupcakes, tapi coba resepnya Magnolia Bakery yang ngetop lewat sex n the city. Soal rasa, kedua resep ini sama-sama top, enak dan wangi waktu dipanggang... hhhmmm.. bedanya cuma ada di teksturnya aja, kalo resep dari magnolia lebih soft sedangkan NCC agak lebih padat.

NCC's Vanilla Cupcakes
(resep:NCC)

12 cupcakes

Bahan:
125 gram mentega
1/2 sdt vanilla essens
250 gram gula pasir
2 butir telur
200 gram terigu (vierly: pake yang all pourpose)
1 sdt baking powder
150 ml susu

cara membuat:
-Panaskan oven 180 derajat celcius.
-Siapakan loyang cupcakes
-Kocok dengan mixer mentega,gula dan vanilla essense sampai mengembang dan pucat, masukkan telur, kocok samapai rata dan mengembang.
-Masukan tepung dan susu secara bergantian, aduk rata.
-Tuang kedalam loyang, kira-kira 2/3 dari tinggi loyang. Panggang 15-20 menit.

CupcakesCupcakes
Cupcakesundress cupcake
with chesse topping

Magnolia Bakery''s Vanilla cupcakes

Makes 2 dozen cupcakes

(vierly: 12 regular size cupcakes & 24 mini cupcakes)

INGREDIENTS

1 1/2 cups self-rising flour
1 1/4 cups all-purpose flour
1 cup (2 sticks) unsalted butter, softened
2 cups sugar
4 large eggs, at room temperature
1 cup milk
1 teaspoon vanilla extract


DIRECTIONS

Preheat oven to 350 degrees.

Line two 12-cup muffin tins with cupcake papers.

In a small bowl, combine the flours. Set aside.

In a large bowl, on the medium speed of an electric mixer, cream the butter until smooth. Add the sugar gradually and beat until fluffy, about 3 minutes. Add the eggs, one at a time, beating well after each addition. Add the dry ingredients in three parts, alternating with the milk and vanilla. With each addition, beat until the ingredients are incorporated but do not overbeat. Using a rubber spatula, scrape down the batter in the bowl to make sure the ingredients are well blended. Carefully spoon the batter into the cupcake liners, filling them about three-quarters full. Bake for 20-25 minutes, or until a cake tester inserted into the center of the cupcake comes out clean.

Cool the cupcakes in the tins for 15 minutes. Remove from the tins and cool completely on a wire rack before icing.

untuk resep kedua ini adonan saya bagi 2, 1/2 bagian saya mix dengan oreo yang dihancurkan jadi dapat Vanilla Oreo Cupcakes.

Mini cupcakes

Kalau untuk resep frosting saya coba aja pake :

1 cup Mentega putih Australia
1 cup soft cream
susu kental manis secukupnya/gula cair untuk butter cream

Pertama kali bikin pake resep yang diatas, hasilnya enak dan lembut, pas dihias juga cantik. Percobaan kedua, nyobain resep yang ada di kemasan soft cream,ditambain susu bubuk, pikirnya bakalan tambah yummy nih eeehh ternyata malah merusak tekstur creamku...hiks.. susu bubuknya ngga mau bersatu gitu ma adonan frosting jadinya berbutir-butir (lihat di foto pertama beda frosting biru dan pink)..hiks... sebel deh... ada yang pernah cobain ngga sih?? kalo berhasil mau dong triknya..

for more picture click here

1 comment:

Indonesia Spices said...

Terimakasih Ibu atas pengetahuannya.