Saturday, March 24, 2012

Sop Konro

Sop konro

Untuk saya, makan makanan dari kampung halaman bisa jadi obat yang lumayan ampuh untunk mengobati rindu.
Sop konro adalah salah satu makanan yang suka kita kangenin. Iganya yang empuk dengan kuah yang asam dan pedas. Sop Konro adalah sop Iga khas Makassar yang dimasak dengan kaloa (kluwak).

Waktu masih tinggal di Indonesia, tidak pernah kebayang bakalan bikin sendiri, biasanya tinggal beli.. berees. Di Jakarta ada sop konro karebosi di daerah kelapa gading, Di makassar lebih-lebih, bisa nemu dimana-mana.

Dulu mama suka marah kalau kita makan di warung sop konro. Kata mama, "kayak raksasa saja. Kalau mau makan konro, beli saja.. nanti pi makan dirumah!".
Halaaah... mana seruuu. Mamaku ngga sukanya liat kita makan di warung konro karena di piring penuh dengan iga yg gede, sekitar 4 potong dan belum lagi di bawah meja ada tulang-tulang iga yang berserakan... hihihi. Kalau beli terus dibawa pulang, ama mama langsung daging konro dilepas dari tulangnya terus dipotong kecil-kecil, rasanya bukan makan sop konro lagi tapi berubah jadi sop daging.

Sejak bisa bikin sendiri, Papong jadi sering nyuruh masakin. Hampir tiap weekend bikin sop konro. Paling enak dinikmati pas lagi musin dingin... yum...

Mau coba?? bikin yuuuk....

Sop Konro


Sop Konro

Bahan:
1 kg Iga berdaging (Vierly: pake back ribs NZ, cepet empuk)
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
Minyak goreng
2 batang serai, memarkan
3 butir cengkeh
3 cm kayu manis

Bumbu halus:
10 butir bawang merah
3 siung bawang putih
6 keluwak, ambil isinya
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt merica
1/4 sdt jintan
1 sdt kunyit bubuk
garam secukupnya
gula secukupnya

Pelengkap:
Daun bawang iris halus
Bawang goreng
Jeruk nipis
Sambal rebus

Cara membuat:
1.Didihkan air dalam panci, masukkan iga tambahkan daun salalm dan lengkuas. Rebus daging hingga matang dan empuk.

2. Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bumbu halus sampai wangi, angkat.

3. Masukkan bumbu halus ke dalam panci berisi iga, masak kembali. Masukkan Serai, cengkeh dan kayu manis, masak hingga bumbu meresap dengan api kecil (biar dagingnya tidak hancur), aduk sesekali, angkat.

4. Taruh iga dan kuah ke dalam mangkuk, tabiri daun bawang dan bawang goreng. Tambahkan air jeruk nipis san sambal, hidangkan.




1 comment:

outbound malang outbounddimalang.com said...

Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,