Monday, March 7, 2011

WCC#1:Double Chocolate Brownies

Brownies

Awalnya dari sering BBMan ama chatting soal masak-memasak dengan sahabat-sahabatku, Ochi dan jalo . Akhirnya kita sepakat untuk bikin group kecil yang kita namain We Can Cook untuk belajar bareng. Kemudian saya coba nawarin juga ke teman-teman yang lain ,yang punya minat yang sama dan keinginan untuk belajar masak... ada juga yang ditodong sih. Mudah-mudahan bisa jadi tempat sharing dan nambah 'elmu' deeh, anggotanya bisa nambah dan langgeng sampe kakek nenek... hehehe... pengantin kali'.

Tugas pertama, kita nyobain double chocolate browniesnya Martha Stewart, kali saya yang jadi hostnya. Saya pilih brownies karena yakin semua pasti suka coklat, ga takut bantet krn memang harus bantet & bahanya juga gampang nyarinya. Dan inilah hasil browniesku...

Brownies

Resep ini sebenarnya sudah saya bikin berkali-kali dan selalu berhasil tapi tidak kali ini... hiks. Hasil brownies saya kurang matang mungkin karena biasanya saya pakai talang yang lebih kecil ,kali ini pakenya yang sesuai diresep (mestinya ga ngaruh kali' yaa?). Waktu dipotong masih lengket banget ,memang harusnya sih lengket, tapi ini sampai hancur waktu dipotong. Karena buru-buru mesti nganter Nayla ballet jadinya saya tinggal dulu, pulangnya baru saya bakar kembali selama 15 menit.. eh...malah overcooked.. agak kering biar pun rasanya tetap enak. Lain kali kayanya mesti bakalan balik ke talang yang biasa, talang yang saya pake kali ini juga, bikin hasilnya terlalu tipis jadinya kurang cantek.

Double Chocolate Brownies
source Martha Stewart's Cookies book

brownies

6 tbsp unsalted butter plus more for pan (90 g)
6 ounces semisweet chocolate, coarsely chopped (170g)
1/4 cup unsweetened dutch process cocoa powder
3/4 cup all purpose flour
1/4 tsp baking powder
1/4 tsp coarse salt
1 cup sugar
2 large eggs
2 tsp pure vanilla extract

Melted chocolateIMG_0040IMG_0079IMG_0091

  1. Preheat oven to 350F/180C. Line a buttered 8 inch square baking pan with parchment, allowing a 2-inch overhang. Butter linning.
  2. Put butter, chocolate, and cocoa powder in heatproof bowl set over a pan of simmering water; stir until melted. Let cool slightly. (saya pake microvawe, defrost 2 menit)
  3. Whisk together flour, baking powder, and salt in a bowl. Put sugar, eggs and vanilla in the bowl of an electric mixer fitted with the whisk attachment, and mix on medium speed untul pale, about 4 minutes. Add chocolate mixer; mix until combained. Reduce speed to low. Add flour mixture; mix scraping down sides on bowl, until well combined.
  4. Pour batter into prepare pan; spread evenly with spatula. bake until a cake tester inserted to brownies (avoid center and edges) come out with view crumbs but is not wet, about 35 minutes. Let cool slightly in pan, about 15 minutes. Lift out; let cool completely on a wire rack before cutting into square. Brownies can be store in an airtight container at room temperature up to 3 days. (saya panggangnya 35 menit +15 menit jadinya kering.. hiks)



2 comments:

yana said...

cece.. enaknyaaa...

Vierly said...

Bikin Yanaaa.... mana punyamu...??. *nagih