Saturday, August 28, 2010

Abu Dhabi Super Summer- Masbar: Barbecue Ribs

Barbecue Ribs

saya lagi tergila-gila dengan makanan yang satu ini. Sebenarnya barbecue ribs ini adalah salah satu makanan favorit saya dari dulu, cuma sebelumnya belum pernah nyobain bikin sendiri.

Waktu kita lagi belanja mingguan di supermaket, liat ribs nan cantik nongkrong di chiller. Langsung ngiler, bayangan barbecue ribs menari-nari dikepalaku... hehehe. Si ribs langsung berpindah ke trolly belanjaan. Padahal waktu itu belum punya resep tapi pede aja, kan bisa nanya mbah google...

Barbecue Ribs

Pas nyampe rumah langsung browsing resep barbecue ribsnya, lumayan banyak sampai sempet bingung. Akhirnya pilihan jatuh ke sylvia's ribs, awalnya sih ngeliat bahan-bahannya kayaknya ribet tapi ternyata semua bahannya ada di rumah. Langsung praktek untuk makan malam.

Percobaan pertama tidak terlalu sukses, dagingnya agak alot karena saya ngga sabaran waktu ngerebusnya dan waktu manggang yang terlalu lama, dagingnya jadi agak kering tapi kalau saus barbecuenya jangan ditanya.. enak banget... resep ini recommended banget.
Percobaan kedua, baru berhasil. Ribs saya masak dengan panci tekan dan waktu panggang saya kurangi. Pokoknya udah keliatan kering, langsung dikeluarin dari oven... muantab.

Barbecue ribs ini juga jadi entry saya dieven Masbar edisi agustus 2010 yang bertema aneka masak panggang/bakar.

3033770318_8c711fc9b4_o-1

barbecue ribs

Silvia's Ribs

Ingredients

  • 8 pounds spareribs
  • 3 cups ketchup
  • 1 cup barbeque sauce
  • 1 cup brown sugar
  • 2 1/2 tablespoons lemon juice
  • 2 teaspoons Worcestershire sauce
  • 1 dash hot pepper sauce, or to taste
  • 3 tablespoons steak sauce, (e.g. Heinz 57)
  • 2 cloves garlic, minced

Direction

  1. Place the ribs in a large stock pot with enough water to cover. Bring the water to a boil and cook over medium-high heat for 1 hour.
  2. Preheat oven to 350 degrees F (175 degrees C).In medium saucepan, combine ketchup, barbeque sauce, brown sugar, lemon juice, Worcestershire sauce, hot pepper sauce, steak sauce and garlic; blend well.
  3. Cook the sauce over medium heat for approximately 20 minutes. (Please note that the above ingredients are all to taste. Use more or less of anything you like. I never make the ribs the same way twice!)
  4. Cut the ribs between the bones and place in a baking pan. Pour sauce over ribs, cover and cook for 30 minutes. Remove foil and continue cooking for an additional 30 minutes.

Kalau ngomongin soal summer, kita-kita yang lagi di Tim-teng berasanya super summer. Di Abu Dhabi suhu maksimumnya sekitar 51-52 derajat, panasnya poll. Semua orang keluar rumah kalau malam, itu aja udara masih tetap panas. Saking Panasnya sampai kita mesti nampung air diember karena air yang keluar dari keran juga air panas. Ngga ada deh acara barbecuan di luar rumah.. bisa2 kita ikutan hangus kayak ribs. mendingan di rumah sambil setel AC...

Super Summer

5 comments:

Masak Bareng said...

salam MasBar,
keren banget nih menu summernya... :)
thanks udah ikutan masbar bulan ini yaa :)
nanti ditunggu round up-nya :)

Bumbum's Fam said...

slrupp nyam nyam.. ngences ngeliat rib nya ...

elly.s said...

yaoloooo.....bener2 menggoda iman ah...
mo cari rib duyuuuu....

tatabonita said...

Heeeemmmm....... liat fotonya aja udah kliatan kalo ini enak bgt... Foto si krucils bagus2 mbak, selamat datang kembali ke dunia perbloggeran mbak :D

Vierly said...

@Elly: yuuuuk mareee bikin juga... kalo dah jadi lempar sini juga ya

@tata: iya nih, abis mogok 9 bln skrg pengen motret mulu :)))) balas dendam kali' yaa