Monday, July 6, 2009

Citrus Mango Salad

mango citrun salad

Musim Mangga udah tiba...cihuuuy... senang banget. Untuk saya, mangga itu udah yang paling favorite.. diapain aja deh pasti suka banget..eh engga'.. ada pengecualian, jangan dicampur sama pepaya,melon sama sirsak!!

Senang banget ketemu mangga berlabel 'matang pohon'...yummy... langsung beli. Tapi berhubung lagi usaha nurunin berat badan jadinya ngga bisa makan mangga banyak-banyak abis gulanya tinggi jadinya diakalin aja deh asal bisa makan mangga.

Selama nurunin berat badan saya berusaha untuk makan yang benar dan olahraga.Dari dulu suka heran liat orang yang sampe ngga makan gara-gara mau kurus, koq bisa yaa ngga makan??? kalo pake cara yang itu saya nyerah deh, takut lemas.. nanti saya ngga bisa ngurus anak, setrika, bersih-bersih rumah,masak, jalan-jalan ..gawat urusannya!!! Jadinya saya ngatur pola makan aja yang low calori, low carbo,low fat.. pinter-pinter aja milihnya.. semua boleh dimakan tapi ngga gila kayak dulu. Saya coba ngikuti pola '3 hour diet', makan tiap 3 jam...
-Jam 7 pagi, sarapan dengan roti gandum+peanut butter atau1 telur rebus atau oats+1/2 gelas susu low fat.
-Jam 10, snack, apel atau kacang atau pisang atau youghrt.
-Jam 1 siang, makan siang, Nasi merah dan teman-temanya biasanya ayam panggang dan sayur.
-Jam 4 sore, ngemil buah atau ice cream 1/2 gelas atau coklat atau kue 1 potong
-Jam 7 malam, makan makam, ayam panggang atau salad atau minum susu

tetap makan kan??!!... seminggu sekali saya juga libur jadi satu hari boleh makan apa aja. Sampai hari ini sih lumayan berhasil 2 bulan lalu berat saya 65 kg sekarang udah 57.. lumayan tapi masih mau nurunin 2 kilo lagi. semangat!!!

Salad jadi salah satu pilihan menu makananku jadi mesti kreatif milih resep biar ngga bosen. Kalau resep ini saya nyontek dari bukunya primarasa yang judulnya menu istimewa Salad', rasanya 'kaya' ,manisnya mangga plus asemnya jeruk dan dressingnya yang pake sour krim, enak loh.. patut dicoba deh...it's health and fun...

mango citrun saladmc salad5

Citrus Mango Salad
(sumber:buku menu istimewa Salad dari primarasa)

Bahan:
125 g lettuce
500 g jeruk manis
3 batang seledri besar,iris
225g mentimun
450 g mangga,kupas,iris
2 batang daun bawang, iris halus

saus:
3 sdm mayones
4 sdm krim asam
2 sdm peterseli cincang (vierly:cuma untuk hiasan, abis tinggal dikit sih)
1 sdt mustard (vierly: pake mayonese yang sudah ada mustardnya)
1 sdm air jeruk orange
2 sdt air jeruk lemon
2 sdt gula pasir

Cara membuat:
1.Robek-robek lettuce,kupas jeruk,lepaskan per jurig dan buang kulit dan bijinya. Iris-iris seledri. kupas mangga,iris-iris, sisihkan.
2. Saus: campur mayones,krim asam,peterseli cincang,mustard,air jeruk dan gula, aduk rata.
3.Taruh sayuran dan buah dipiring(kecuali lettuce), siramkan saus. Masukkan letucce pada saat aka dihidangkan.

Selamat mencoba

No comments: