Sunday, May 17, 2009

Whole Wheat Brioche

brioche 2
Rotiii oh roti...


Setelah sekian lama kena kutukan roti akhirnya bisa lepas juga. Ini bukan percobaan 2 atau kali saja tapi udah berkali-kali nyobain bikin roti-rotian. Pertama kali, bikin donat ala Jco jadinya keras banget.. sebeeel!! trus nyobain bikin pretzel.. pas anget sih masih enak tapi waktu pretzelnya udah dingin, bisa buat nimpuk maling..benjoool!! . Saking frustasinya sempet mogok bikin roti. Beberapa minggu lalu, nyobain lagi bikin cinnamon rolls, udah lumayan sukses jadi agak-agak semangat lagi. Minggu ini coba deh bikin brioche dan hasilnya.. sukses!! Adonannya mengembang 2x lipat, pas keluarin dari oven... wuiiiih...rotiku genduuut.. puas deh pokoknya. Saking noraknya sampai-sampai rotinya ngga tega saya makan, maunya cuma diliatin terus... *gokil mode on... tapi pas dicobain ternyata lebih senang lagi.. rotinya empuk.. menul-menul... hhhmmm...

Resep saya ambil dari buku resep 'Aneka Roti Mancanegara'nya Sedap, isinya macam-macam resep roti ada dari Taiwan,Jepang Korea, India, Eropa.Buku ini cocok banget untuk pemula seperti saya karena banyak tips dan ada foto langkah2 pembuatannya. Saya pilih untuk uji coba Brioche dengan sedikit modifikasi denga tepung whole wheat biar lebih sehat.

Senang banget deh, bangun pagi terus sarapan roti buatan sendiri... yummy...
brioce 4

Whole wheat Brioche
(resep adaptasi dari buku Aneka Roti Mancanegara terbitan Sedap)

Bahan:
150g tepung terigu protein tinggi
100g tepung whole wheat
25g gula pasir
4 g (1 sdt) ragi instant
3 butir telur
25ml susu cair
125g mentega tawar
1/2 sdt garam
Bahan olesan:
1 butir kuning telur
1 sdm susu cair

Cara Membuat
1.Campur tepung terigu, tepung whole wheat, gula pasir dan ragi instant.Aduk rata. Masukkan telur dan susu cair.Uleni rata.
2.Masukkan mentega tawar dan garam. Uleni sampai elastis.Diamkan 1 jam.
3.Kempiskan adonan.Bentuk bulat.Bungkus dengan plastik dan diamkan 1 jam dalam lemari es.
4.Timbang masing-masing adonan 30g dan 3g.Bentuk bulat. Letakknan adonan yang besar di cetakan pai yang sudah dioles dengan margarin.
5. Tusuk tegahnya dengan jari.Letakkan bulatan yang kecil.Diamkan 1 jam sampai mengembang.
6.Oles dengan bahan olesan.Oven 10 menit dengan suhu 190 derajat celcius sampai matang.

Bisa juga pakai cetakan loaf jadi hasilnya jadi seperti roti tawar yang ada di Toko..

brioche 3

1 comment:

Margie said...

Hi mbak, salam kenal =)

Senangnya ya bisa sukses bikin brioche. Aku paling males bikin roti karena males ngulen =P tapi kalo makannya sih doyan banget heheh

mbak sekalian mau nanya, beli tepung whole wheat di Jakarta di mana ya? soalnya aku nyari susah banget..

Thanks =)